CARA FLASH SAMSUNG GALAXY j2 SM-J200G

Ada saatnya smartphone kita akan diflash atau di install ulang sistem operasinya (OS) untuk meng upgrade ataupun men downgrade, ataupun karena ada error dalam sistem dan dirasa mengganggu dalam pemakaian tetapi tidak hanya itu banyak fungsi dari flahing smartphone kita diantaranya:
  1. Memperbaiki smartphone kita yang bootloop atau stuk di logo samsung saja.
  2. Memperbaiki error sistem.
  3. Memperbaiki smartphone yang cepat panas.
  4. Memoerbaiki smartphone yang sering restart.
  5. Membuka Smartphone yang lupa pola kunci.
  6. Membuka smartphone yang lupa kata sandi.
  7. Memperbaiki smartphone yang terasa lemot.
  8. Memperbaiki smartphone yang sering hang.
  9. Smartphone yang sering cepat panas.
  10. Dan masih banyak yang lainnya.

Dalam permasalahan tersebut dapat diatasi dengan cara flashing, tetapi ada juga yang tidak dapat ditangani dengan cara flashing kemungkinan kerusakan bukan dari software (perangkat lunak) tetapi dari hardware (perangkat keras) smartphone tersebut.

Dalam melakukan flashing Samsung Galaxy J2 SM-J200G diperlukan beberapa bahan yang harus kita persiapkan seperti driver Samsung Galaxy J2 SM-J200G, firmware Samsung Galaxy J2 SM-J200G dan juga odin untuk aplikasi flashing tersebut, kita juga membutuhkan laptop atau komputer dan juga kabel USB tentunya untuk menghubungkan perangkat smartphone kita dengan komputer atau laptop kita. silahkan persiapkan bahannya terlebih dahulu dibawah ini.

Bahan yang harus dipersiapkan.
  1. Driver Samsung Galaxy J2 SM-J200G.
  2. Firmware Samsung Galaxy J2 SM-J200G
  3. Odin3 V3.07

Langkah-langkah dalam flashing.
Apabila semua bahan sudah didownload dan dipersiapkan saatnya kita untuk melakukan flashing Samsung Galaxy J2 SM-J200G. Extract semua bahan yang telah kita download tadi letakkan di tempat yang gampang untuk di ingat agar tidak lupa nantinya. Install driver Samsung Galaxy J2 SM-J200G (samsung kies) yang telah kita download tadi, untuk cara install driver tinggal di next nex saja sampai finish, tahap ini harus berhasil karena jika tidak maka perangkat smartphone anda tidak akan bisa terkoneksi dengan komputer atau laptop anda. Selanjutnya kita beralih ke perangkat smartphone kita silahkan ikuti cara-caranya seperti dibawah ini.

  1. Lepaskan baterai perangkat smartphone anda selama lima detik lalu pasang kembali.
  2. Tekan dan tahan tombol vol min(-) + Home + Power jangan dilepas sampai muncul notifikasi.
  3. Tekan tombol vol plus(+) sekali saja apabila telah muncul notikasi tersebut.
  4. Selanjutnya anda telah masuk dalam download mode (odin mode).
  5. Tahap berikutnya hubungkan perangkat smartphone anda dengan komputer atau laptop anda dengan menggunakan kabel USB.
  6. Maka driver akan terinstall dengan sendirinya.
  7. Untuk lebih jelas lihat gambar berikut.

Tahap selanjutnya beralih ke laptop atau komputer anda, buka aplikasi Odin3 v3.07.exe. Jika sudah terkoneksi dengan baik maka tampilan Odin akan seperti gambar dibawah ini. catatan perangkat smartphone anda jika tidak terdeteksi oleh komputer cobalah untuk melakukan installasi driver Samsung Galaxy J2 SM-J200G  kembali dan jika masih belum terkoneksi kemungkinan dari konektor cas dari perangkat smartphone anda.

Setelah terkoneksi dengan baik tahap selanjutnya adalah tahap memasukkan file firmware Samsung Galaxy J2 SM-J200G kedalam aplikasi Odin3 v3.07 dengan cara klik tombol PDA dan cari file firmware Samsung Galaxy J2 SM-J200G  yang telah kita extract tadi biasanya ber ekstensi .tar.md5. atau seperti contoh berikut J200GDDU1AOI3_CL5713897_QB6186756.tar.md5. selanjutnya beri tanda centang di Auto Reboot dan F.Reset Time.

Tahap terahir jika file firmware Samsung Galaxy J2 SM-J200G sudah dimasukan dalam aplikasi odin selanjutnya klik tombol Start maka proses flashing akan berlangsung. Proses flashing biasanya memakan waktu kurang lebih 10 menit. Sampai keluas tulisan PASS berwarna hijau menandakan bahwa proses flashing sudah selesai dilakukan. Selanjutnya perangkat smartphone anda akan restart dengan sendirinya dan tunggu hingga sampai tampilan menu.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment